Portico 5017 : Bright and Solid Sound or for Investement

5 Sep

ini adalah sebuah pre-amp sederhana buatan rupert neve. nama besar rupert neve seperti menjadi jaminan mutu dari produk satu ini.
saya mencoba portico 5017 pertama kali untuk mengambil suara vocal menggunakan microphone condenser neumann tlm 102. saya merasakan suara yang diterjemahkan oleh 5017 sangat cemerlang. mungkin akan terdengar agak kasar ketika vocalist akan bernyanyi dengan suara yang lebih keras (scream) tapi tunggu sampai rekan-rekan mengaktifkan tombol silk yang ada di di sebelah mic gain. secara langsung anda akan langsung merasakan bahwa suara yang tadinya agak sedikit berdistorsi akibat besarnya tekanan suara yang masuk menjadi jauh lebih halus terutama di frekuensi high. suara akan menjadi jauh lebih “gemuk” seperti halnya suara yang biasa kita dengar dari pemusik dari amerika serikat pada saat kita mengaktifkan compressor 2:1. walaupun hanya 2:1 namun kesempurnaan 5017 dalam membaca attack release time signal yang masuk sama sekali tidak membuat suara terkesan menggelembung atau juga seperti tertekan sepersekian detik baru terasa hasil dari kompresi signal. walaupun dinamika signal vocal masuk naik turun (besar kecil) namun signal yang tergambar di daw maupun level selalu stabil pada sebuah titik dengan signal bersustain panjang sekalipun (release time akan disesuaikan secara otomatis).
selain untuk vocal saya mencoba pre-amp ber compressor ini juga untuk mengambil sampel gitar dan bass. saya menggunakan sennheiser e906 untuk sampel guitar menggunakan ampli mesa boogie dual rectifier.
pertama saya mengambil sampel dari mic dan seperti hal nya vocal suara yang di tangkap sangat baik terdengar gemuk tanpa harus memaksa amplifier berada di level tinggi. saya juga mengaktifkan phase sweep dan membuat suara gitar terdengar lebih in you phase (face). dan anda juga bisa melakukan blending signal mic dengan microphone sampai bentuk suara yang anda inginkan.
pengalaman suara serupa juga saya rasakan ketika mengambil sampel bass. padahal saya hanya mengambil suara direct dari bass namun, tanpa treatment suara bass itu sepertinya sudah langsung siap untuk masuk kedalam mixingan anda.
saya dapat mengatakan bahwa pre-amp ini menggunakan apa pun jenis signal dari instrument akan terdengar sangat “gemuk” seperti hal nya sound khas amerika. mungkin nama legendaris rupert neve bisa menjadi pegangan untuk sebuah kualitas.
5017 adalah sebuah kotak ajaib dimana dengan sedikit sentuhan anda bisa mendapatkan sebuah perbadaan (push the magic button and see what is happen and it is so good).
harga memang cukup lumayan namun sebuah investasi yang sangat berharga karena saya yakin anda akan mencintai product satu ini.
Satu hal lagi ini juga bisa menjadi sebuah senjata rahasia anda ketika berada di panggung. karena selain mudah di bawa, fungsi blend direct – mic bisa membuat suara gitar, bass, ataupun vocal (terutama yang berefek terdengar jauh lebih baik).

thanks buat moko (brotherland – bigknop) yang sudah mau meminjamkan alat “ajaib” ini dan yumir yang sudah mau bersusah payah berkunjung ke studio (*pinjem lagi yah kalo ada project rekaman😀 ).

Salam.. selamat mencoba

barlian yoga. adalah seorang recording dan mixing engineer di home studio bernama almos di kalibata yang bermula sebagai audio hobbyist

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: