ART Voice Channel : jangan berharap sebuah hal yang istimewa, tapi manfaatkanlah sebaik mungkin

15 Aug

Dengan harga yang dapat dikatakan “tidak terlalu” mahal ART Voice Channel sebenarnya dapat menjadi sebuah pilihan jika anda membutuhkan sebuah Microphone Pre-amp dengan fitur dynamic cukup banyak.

Voice Channel ini dapat dikatakan adalah sebuah channel strip yang umumnya digunakan untuk merekam vocal namun tidak menutup digunakan untuk merekam instrumen lain.

Kualitas suara dari pre-amp sebenarnya bisa dikatakan biasa saja malah seperti tidak sesuai dengan spesifikasi Signal to Noise Ratio yang mencapai 130 DB karena sangat cepat terjadi distorsi pada saat potentio gain di angkat sampai menunjukan posis di arah jam 1. namun fitur dynamic seperti compressor yang dilengkap dengan 4 Band Parametric EQ dapat membuat anda bisa berharap untuk mendapat sebuah tone yang baik selama anda tidak memaksakan gain pre-amp terlalu besar karena suara akan seperti terdengar terkompres atau berdistorsi. (sedikit saran anda pre-amp ini baik jika digunakan untuk mengambil suara vocal atau instrument yang menggunakan amplifier seperti gitar listrik atau bass). sebaiknya anda juga perlu memperhatikan impedance focus pada pre-amp karena ini akan membuat anda mendapatkan frekuensi yang diharapkan dengan memutar kenop potensio pada sebuah titik. dan selalu pastikan output level maksimal berada di 0 DB, percaya anda tidak akan ingin lebih dari itu.

parametric EQ berfungsi cukup baik, namun terbatas pada gain yang mudah terdistorsi. sedangkan untuk compressor bisa dikatakan baik tapi tidaklah istimewa karena ratio compressing tidak akan terasa sampai anda melakukan gauge ratio di level 3:1. Ratio 1,5:1 ataupun 2:1 hampir tidak ada bedanya. mungkin juga fungsi threshold yang kurang sensitif. well who knows?

namun tidaklah adil jika kita terlalu mendeskreditkan produk ini. pada tingkatan gain yang tepat, Voice Channel ini sangatlah membantu untuk mendapatkan hasil rekaman yang cukup baik. terutama dengan tersedianya banyak fungsi dari mulai compressor, gate/expander, de-esser sampai ke paramtric EQ. selain itu ketersediaan pilihan output balance dan unbalance ditambah dengan ADAT output pada sample rate 44.1khz dan 48 khz membuat alat ini juga dapat berperan sebagai expansion port bagi sistem DAW anda terlebih lagi jika anda memiliki interface dengan koneksi ADAT Input.

untunglah alat ini ckup meudah untuk dimonitor penggunaannya karena banyak indikator untuk melihat gain, gain reduction, output

pada akhirnya dengan pre amp ini anda tidak perlu memaksa untuk mendapatkan gain yang besar dan bertenaga dari voice channel ini. lakukan konversi saat merekam dengan gain secukupnya dan manfaatkanlah fitur yang luas dari alat ini.  dengan sedikit pengenalan karakter mungkin anda bisa jauh memaksimalkan alat ini. (saya akan mengambil suara guitar dan vocal berkarakter vintage dengan pre-amp ini).

saya melakukan beberapa eksperimen dengan Voice Channel ini menggunakan microphone Neumann TLM-102, Sennheiser e906, Sennheiser e306, Shure SM-57 dan AKG C-1000. jadi ini bersifat subjektif.

namun dengan harga yang cukup murah untuk sebuah channel strip hasil yang didapatkan dapat dikatakn cukup bagus selama anda bisa mengkondisikan dan melakukan adjustment. oleh sebab tak di sarankan untuk pemula.

ingat kenalilah peralatan anda, pasti anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: