Presonus Studio Live 16.4.2 : Kau akan mati mencoba mendapatkannya

11 Aug

Mungkin belum banyak orang mengenal mixer Presonus Studio Live 16.4.2 ini. Dikarenakan perkembangan produk ini baru di bisa diarasakan 2 tahun terakhir ini. Dahulu Presonus lebih dikenal sebagai manufacturer produk recording seperti pre-amp dan recording audio interface bukan pembuat sebuah mixer. Namun pre-amp , dynamic processor, channel strip maupun audio interface dari Presonus merupakan produk-produk kelas A yang banyak digunakan oleh musisi professional maupun studio professional dan kualitasnya tidak diragukan lagi.

Baiklah sebelum melangkah lebih jauh lagi, saya akan menjelas beberapa hal terlebih dahulu jika agar anda akan lebih merasakan bahwa produk yang saya gunakan ini sangat bagus dan anda begitu pula saya tidak akan menyesal mengorbankan nyawa hanya untuk mendapatkan Studio Live 16.4.2 ini.

Seperti sudah saya sebutkan bahwa Presonus lebih dikenal sebagai penghasil class A pre-amp , dynamic processor, channel strip maupun audio interface. Sebagai gambaran presonus mempunyai produk Presonus Tube Pre Vaccum Tube Pre Amplifier, Presonus Comp 16 adalah juga class A compressor dan Presonus EQ3B yang dulu saya pernah gunakan di sbuah studio maupun di perangkat home recording saya di kisaran tahun 2007 dan 2008 lalu. (lihat gambar)

 


 

 

Dan dalampenggunaannya saya sering menggabungkan 3 gear tersebut menjadi sebuah rangkaian channel strip yang membuat pengambilan suara pada saya rekaman makin “matang” dan lebih mudah untuk di mix nantinya atau biasa juga disebut dengan Presonus MaxRack. sebuah rangkaian signal processing unit yang cukup saya andalakan. bahkan sayan menyukai sekali produk presonus ini karena karakter agak bertekstur kasar ini cocok sekali untuk mengambil signal vokal, snare drum dan guitar yang menyukai karakter tua.


 

Lalu dimana hubungannnya dengan Studio Live 16.4.2? bayangkan anda mempunyai Max Rack Channel Strip yang terdiri dari Presonus Tube Pre – Presonus EQ3B dan Presonus Comp16 sebanyak 16 buah dan langsung dilengkapi dengan 24 Bit AD/DA Audio Interface dengan Firewire connector hanya dalam satubuah Console yang bernama Presonus Studio Live 16.4.2 saya akan mengorbankan nyawa saya untuk mendapatkan produk ini.

Studio Live adalah konversi dari 16 Unit Pre-Amp Presonus + 16 Unit Compressor Presonus + 16 Unit Equalizer 3B Presonus yang digabung dengan 2 rack Presonus Firestudio Project Audio Interface yang dapat digunakan baik itu untuk Recording studio maupun Live PA System. Dengan ini anda dapat mengucapkan selamat tinggal kepada rack-rack processor signal yang bertumpuk-tumpuk dan sangat sulit untuk melakukan wire patching.

Kualitas suara yang dihasilkanpun sama sekali tidak mengecewakan apalagi karena tiap channel langsung dilengkapi dengan dynamics processor maka suara yang anda hasilkan akan lebih “matang” tanpa harus repot melakukan banyak perubahan pada tahap mixing nantiny. Jika anda menginginkan source yang baik dan bersuara sesuai apa yang anda harapakan sayara rasa ini adalah jawaban dari semua keinginan anda. Signal to Noise Ratio dari pre-amp pun sangat baik hampir sekitar 118 DB dynamic range untuk analog to digital yang membuat tidak banyak gizi yan hilang dari pengkonversian sinyal suara analog ke digital yang umum terjadi pada process audio recording.

Compressor dan EQ pun sangatlah signifikan terasa saat digunakan. Dan anda tak perlu khawatir lagi jika perangkat drum anda sering membuat mixing anda cepat menyentuh dinding clip pada saat recording maupun live mixing karena tiap-tiap channel dilengkapi dengan limiter sehingga semua signal yang masuk dapat tertata dengan rapi strukturnya.

semua produk ada kelamahan dan kelebihan, salah satu kelemahan utama dari produk ini adalah DSP yang mempunyai latency input to output sedikit lebih panjang sehingga jika musisi tidak terbiasa akan membuat sedikit kesulitan dalam menyesuaikan tempo. penyesuaian selama 15 menit sebelum rekaman adalah solusinya.

dan harus di perhatikan pula dengan masalah kelistrikan dari product ini (hampir semua produk presonus). anda harus memastikan bahwa UPS dan Stabilizer listrik anda dalam kondisi prima setiap saat karena prebuah listrik dapat menyerang DSP dari mixer ini jika terlalu sering bermasalah.

 

 

 

 

 

 

 

 

harga? ya dengan kisaran harga 2000 USD per unit terlihat cukup mahal tapi saya tegaskan, terutama dalam kegiatan recording anda mixer ini sangatlah murah jika anda membandingkan dengan banyaknya fasilitas yang anda akan dapatkan dengan menggunakan mixer ini. jika anda membeli satu buah Presonus Tube-Pre atau Comp 16 atau EQ3B satu unitnya berharga kisaran 1,5 juta rupiah. bayangkan jika anda ingin punya 16 channel strip seperti yang ada pada Studio Live 16.4.2 brp harga yang harus anda keluarkan? belum termasuk membeli audio converternya.

saya rasa produk all in one ini sangatlah  berguna terutama untuk sebuah recording sistem sederhana dan berkualitas. pada kesempatan lain mungkin saya akan lebih membahas lebih dalam lagi tentang penggunaan teknis dan hasil yang saya peroleh saat menggunakan mixer ini. saya rasa jika anda pernah sekali menyenth dan merasakan mixer ini anda pasti akan terbawa mimpi akan sebuah kesederhanaan dengan hasil maksimal.

 

salam, tetap berkreasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: